Dengan Komsos Babinsa Akan Mengetahui Tentang Kondisi Sosial Warga Binaannya

  • Bagikan

Brasnews.net -.Aceh Timur
Sebagai penunjang tugas di wilayah binaan Sertu Ria Setiawan Babinsa Koramil 11/ Brb melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di desa binaannya Untuk mendapatkan data dan fakta masyarakat penerima bantuan langsung tunai ( BLT) dan bantuan sosial lainya di desa paya bili satu

Hal tersebut dilakukan Babinsa Koramil 11/Brb Kodim 0104/A.Tim Sertu Ria Setiawan bersama dengan Muhamad Riadi Geuchik Desa Paya Bili Satu, Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, Kamis 27-06-2024.

Menurut Babinsa, melalui Komunikasi Sosial (Komsos) kami akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakat, sekaligus rutinitas aparat kewilayahan, guna meningkatkan harmonisasi hubungan antara aparat teritorial dalam hal ini Babinsa, terhadap aparat desa maupun warga, agar terjalin hubungan yang baik dengan cara pendekatan Komsos.

Baca juga beritanya  Kunjungi Panti Jompo, Plt. Bupati Labuhanbatu Berbagi Kasih

Sertu Ria Setiawan juga menegaskan sebagai Babinsa pihaknya juga mengajak dan mengimbau aparat desa turut serta bekerja sama dalam pelaksanaan tugas Babinsa di desa.

Seperti melakukan pendataan bersama para perangkat desa, terhadap warga yang berhak mendapatkan bantuan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana desa) Ujarnya.

Ditambahkan, dengan aktifnya Babinsa melaksanakan Komsos, akan semakin mempererat hubungan kemanunggalan TNI bersama rakyat, secara tak langsung Babinsa dapat mengetahui perkembangan situasi ekonomi warga di wilayah binaan, ini semua merupakan wujud nyata pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Babinsa di wilayah, tuturnya.

Sementara itu Danramil 11/Brb Kodim 0104/A.Tim Kapten Inf Suharianto diruang kerjanya membenarkan giat yang dilaksankan oleh para Babinsa yang ditugaskan di wilayah binaan teritorial Koramil 11/Brb Kodim 0104/A.Tim.

Baca juga beritanya  Diduga kongkalikong, pengusaha dan Balai Karantina Ikan Loloskan Ekspor Kepiting Berkarapas Kecil

Kapten Inf Suharianto juga menegaskan bahwa sebagai aparat kewilayahan yang bertugas membina desa binaan. Babinsa melaksanakan tugas pokoknya, Babinsa berfungsi antara lain pembinaan teritorial, yaitu membina potensi wilayah, kekuatan pertahanan desa, dan ketahanan masyarakat desa, jelasnya

Danramil juga menjelaskan bahwa Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan aparat kewilayahan yang bertugas membina desa binaan, yang ditugaskan dari Koramil TNI AD, sebagai aparat kewilayahan yang bertugas membina desa binaan dalam teritorialnya.

Salah satu tugas pokoknya adalah pendampingan pembinaan potensi wilayah, dalam hal pendataan dan fakta masyarakat penerima bantuan langsung tunai ( BLT) dan bantuan sosial lainya di desa

Pendataan ini penting dilaksanakan oleh Babinsa sebab validasi data penerima BLT-DD untuk memaksimalkan data penerima agar tepat sasaran. Dimana penerima bantuan adalah orang yang berhak dan benar-benar kurang mampu.

Baca juga beritanya  Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0808/Blitar Gelar Latbakjatri Triwulan IV TA.2023

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa BLT DD ini merupakan langkah untuk membatu warga yang kurang mampu untuk itu jangan sampai salah sasaran dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Semoga dengan kegiatan Komsos yang di lakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam hal
Pengumpulan data dan fakta masyarakat penerima bantuan langsung tunai ( BLT) dan bantuan sosial lainya di desa, dapat menjawab Transparansi dan keterbukaan terhadap program-program yang akan menyentuh langsung kepada masyarakat

Dan kegiatan ini bisa menjadikan masyarakat kita sejahtera , aman dan senantiasa bersatu dalam segala hal apapun juga, pungkas Danramil 11/Brb Kodim 0104/A.Tim Kapten Inf Suharianto

Wartawan Wiwin Hendra

  • Bagikan