Disdikbud Aceh Timur Gelar Pentas Seni untuk Meriahkan PON XXI Aceh-Sumut

  • Bagikan

Aceh Timur | Brasnews.net, Rabu, 12 September 2024

Dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Timur akan menggelar pentas seni pada Kamis, 12 September 2024. Acara yang menjadi bagian dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2024 ini akan diselenggarakan di lapangan upacara pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Timur.

Baca juga beritanya  Gampong Sungai Pauh Firdaus Ramaikan Acara Lomba Antar TPA

Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Timur, Suriadi, S.E., yang mewakili Plt Kepala Disdikbud Aceh Timur, Dr. M. Ikhsan Ahyat, S.STP., AP, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Pengembangan dan Pemajuan Kebudayaan Kemendikbudristek. “Sebanyak 28 sekolah dasar dan menengah pertama di Aceh Timur akan terlibat dalam pementasan ini. Para seniman senior seperti Abu Bakar AR, Syech Bas, dan Darwinsyah berperan penting dalam melatih para siswa di bidang seni dan budaya,” ujarnya.

Baca juga beritanya  Anggota DPRK Partai PAN, Surya Yunus Mengunjungi Pustu Dan Dayah Tgk.Ishadi Desa Tanjong Seulamat.

Pentas seni ini akan menampilkan berbagai kesenian tradisional Aceh, termasuk tarian Seudati, permainan Rapai, Saman Boh Kaca, dan permainan rakyat lainnya. Seni rupa dan hasil karya siswa dari sekolah yang berpartisipasi juga akan dipamerkan.

“Selain untuk menyemarakkan suasana PON XXI, kegiatan ini juga bertujuan mengangkat budaya lokal Aceh Timur, apalagi daerah ini menjadi tuan rumah cabang olahraga Sepak Takraw,” tambah Suriadi.

Baca juga beritanya  Pj. Walikota Langsa Bersama Forkopimda Tinjau Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024

Ia berharap acara tersebut dapat menjadi momen penting dalam memperkenalkan seni dan budaya Aceh kepada generasi muda, sekaligus mendukung penyelenggaraan PON XXI. Acara ini juga diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat luas untuk datang dan meramaikan kegiatan, yang diisi dengan semangat kebudayaan dan olahraga. Siddik

  • Bagikan