Kodim 0119/BM Lakukan Evakuasi Korban Dalam Simulasi Erupsi Gunung Burni Telong 

  • Bagikan

Redelong – Brasnews.net Hari kedua Latihan Gladi Lapang, yang menggambarkan telah terjadinya Erupsi Gunung Burni Telong, yang mana dalam simulasi tersebut, Kodim 0119/BM melakukan evakuasi pengungsi dan korban dari Titik Kumpul Semetara (TKS) ke titik AJU (tempat aman semetara).

Dalam kegiatan latihan tersebut, melibatkan warga masyarakat yang digelar di Desa Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Kamis 12 September 2024.

Baca juga beritanya  Kodim 0119/BM Gelar Turnament Sepak Bola dan Volly Ditingkat Pelajar

Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan, S.E.,M.Han., dalam rilisnya mengatakan. Kegiatan latihan ini merupakan program komando atas
untuk satuan kewilayahan, guna untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI khususnya Kodim 0119/BM sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam merencanakan dan mengkoordinasikan suatu tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Simulasi Bencana Alam Erupsi Gunung Burni Telong telah terjadi, pada pukul 09.00 Wib, para pengungsi dan korban luka – luka telah berkumpul di titik Kumpul Sementara (TKS ), baik yang terluka parah maupun luka ringan” Ujarnya

Baca juga beritanya  Kodim 0119/BM Gelar Apel Kesiapsiagaan Jelang Pemilu 2024

Lanjutnya” Pada simulasi bencana tersebut personil TNI yang terlibat dalam latihan, mengkoordinasikan dengan pihak BPBD dan tim Kesehatan untuk mengevakuasi pengungsi baik yang selamat maupun yang terluka ke titik AJU, untuk mendapatkan perawatan intensif dari Tim Medis, selanjutnya para korba yang terluka parah akan di evakuasi ke Pos Komando Utama, untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga beritanya  Ini Pesan Zaid Harahap Terkait Bencana Alam

Kegiatan latihan geladi lapang yang dilaksanakan ini, setiap unsur peserta dapat mengerti dan paham, sehingga sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam sudah dapat mengkoordinasikan baik dengan pimpinan maupun instansi terkait guna untuk mengevakuasi pengungsi maupun korban akibat terjadinya Erupsi Gunung Burni Telong”
Pungkasnya.

Zhara

  • Bagikan