Menjaga Kedaulatan Negara, Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Laksanakan Patroli Patok

  • Bagikan

Kalimantan Utara Brasnews.net Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia. Prajurit Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Pos Kanduangan, melaksanakan Patroli Patok di wilayah Kanduangan, Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (19/10/2024).

Patroli ini dilakukan untuk mengecek keberadaan patok-patok batas negara yang menjadi tanda batas teritorial antara Indonesia dan Malaysia. Kegiatan ini penting dilakukan secara berkala untuk memastikan tidak adanya pergeseran patok yang dapat menyebabkan sengketa perbatasan.

Baca juga beritanya  Diduga Pengemudi Mengantuk Mobil Menabrak Sepeda Motor dan Terjun Ke Sungai

Dalam patroli tersebut, tim Pos Kanduangan menyusuri medan yang cukup berat dengan cuaca yang tidak menentu, menempuh medan yang bervariasi, melewati hutan vegetasi, semak belukar, rawa hingga melewati sungai yang memerlukan kemampuan fisik dan kewaspadaan yang tinggi, namun tetap berkomitmen menjaga keamanan wilayah perbatasan

Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad, Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra, menyampaikan bahwa patroli ini juga dilakukan untuk mencegah kegiatan ilegal yang sering terjadi di wilayah perbatasan, seperti penyelundupan barang, perdagangan manusia, dan aktivitas lintas batas yang tidak terkontrol.

Baca juga beritanya  Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 08/Rantau juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

“Kami selalu siap menjaga perbatasan dengan penuh tanggung jawab. Patroli ini tidak hanya untuk memastikan kondisi fisik patok-patok batas, tetapi juga untuk menegakkan hukum dan memastikan keamanan bagi masyarakat sekitar perbatasan,” ujarnya.

Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Pos Kanduangan juga senantiasa berkoordinasi dengan pihak terkait, baik dari pemerintah setempat maupun aparat keamanan Malaysia, demi terciptanya hubungan yang harmonis antara kedua negara di wilayah perbatasan. (*)

  • Bagikan