MPLS Hari Ke 4 Di SMK N 3 Langsa “BPBD Goes to school”.

  • Bagikan

Brasnews.net – Kota Langsa
Kamis, 18-07-2024.
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024 Hari ke – 4 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Langsa, semangkin seru dan membawa pengalaman tersendiri bagi peserta didik baru di sekolah tersebut.

Karena dalam kegiatan MPLS TA 2024 para peserta MPLS diberikan materi oleh
– Aiptu Saiful Ritonga dari Polres Langsa dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter
– Syahrial dari BPBD Kota Langsa Materi Pembinaan Dasar-dasar Bencana dan Pertolongan Pertama
– Monitoring kegiatan MPLS di SMK Negeri 3 Oleh Ketua MPD Kota Langsa Dr. Zainuddin, MA dan Drs. Bambang Priadi, M.Pd

Kepala Sekolah SMKN 3 Langsa Halimahtussakdiah, S.Pd. yang diwakilkan oleh Pariati, S.Pd.I bidang Kesiswaan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Polres Langsa, MPD Kota Langsa dan Dinas BPBD Kota Langsa dalam kegiatan MPLS bagi peserta didik baru tahun 2024.

Semoga dengan kehadiran Tim dari dinas Kota langsa dapat menambah wawasan dan pemahaman para peserta MPLS di SMKN 3 Langsa, ujarnya.

Dalam kegiatan yang di gelar di Aula SMKN 3 Langsa Aiptu Saiful Ritonga dari Polres Langsa dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter menyapa seluruh peserta MPLS dengan penuh kehangatan

Baca juga beritanya  Kapolres Bener Meriah Memimpin Apel Penandatanganan Pakta Integritas Bebas Narkoba

Aiptu Saiful Ritonga dalam kegiatan di MPLS ini mengatakan bahwa pendidikan karakter adalah yang didalamnya terdapat pengetahuan moral yang diberikan sejak dini bisa menjadi usaha dalam membantu siswa menanamkan kebiasaan-kebiasaan positif, bagi siswa seperti jujur, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

Dalam menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik dan mencegah perilaku negatif.

“Karena pendidikan tidak hanya membentuk insan yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter, sehingga nantinya akan lahir insan cerdas dan berkarakter kuat, generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang tertanam didalamnya nilai-nilai luhur bangsa serta agama.

Semoga dalam pemahaman pendidikan karakter di MPLS ini kita berharap bisa dijadikan sebagai referensi untuk menciptakan lingkungan sekolah lebih baik lagi, imbuhnya.

Sementara itu Syahrial dari BPBD Kota Langsa dalam penjabaran Materi Pembinaan Dasar-dasar Bencana dan Pertolongan Pertama bukan saja menjabarkan dalam bentuk teori namun bersama tim BPBD beliau mengajak seluruh peserta didik baru ikut bersama mempraktekkan sikap dan cara melakukan aksi saat masa panik dalam suatu insiden kebakaran, atau bencana alam yang terjadi disekitar lingkungan kita.

Baca juga beritanya  Konflik Internal KONI Aceh Timur Diimbau Diselesaikan Secara Internal

Dalam tanggapannya Syahrial mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan sosialisasi dan edukasi kebencanaan serta melakukan latihan evakuasi mandiri kepada siswa/i untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga satuan pendidikan.

Sebelum melakukan praktek bagaimana menanggulangi suatu bencana siswa diberikan pemaparan perihal jenis dan karakteristik bencana menggunakan Inarisk personal.

inaRISK Personal merupakan aplikasi yang berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif, jelas Syahrial

Aplikasi ini disusun bersama antara pemerintah dan pihak lain yang memiliki pengalaman dalam edukasi kebencanaan Di Indonesia, jelasnya.

Kemudian di sesi akhir kegiatan, siswa MPLS diajak untuk melakukan skenario latihan evakuasi bencana kebakaran yang didampingi OSIS dan guru SMKN N 3 Langsa.

Di lingkungan yang sama Ketua MPD Kota Langsa Dr. Zainuddin, MA yang didampingi oleh Drs. Bambang Priyadi, M.Pd juga melakukan kegiatan Monitoring pelaksanaan MPLS di SMKN 3 Langsa , mengatakan
” Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara memperkenalkan lingkungan sekolah bagi para siswa, khususnya siswa baru. Dengan adanya perkenalan lingkungan sekolah ini, diharapkan siswa mampu merasa nyaman dan beradaptasi dengan lingkungannya sehingga menciptakan motivasi belajar yang baik.

Baca juga beritanya  Launching Podcast "Police Talk," Kapolda Sumut : Supaya Mayarakat Mendapatkan Informasi, Terhibur, dan Mendapat Manfaat

Sesuai jadwal pada hari ke empat MPLS, kami berkunjung di SMK N 3 Langsa dan dalam kesempatan ini, kita sudah saksikan kegiatan kegiatan yang di tampilkan dalam kegiatan MPLS di SMK N 3 Langsa.

Semoga dengan adanya kegiatan MPLS di di seluruh sekolah SD,MI,SMP,SMA sederajat di Kota Langsa semakin baik karena mendapatkan berbagai masukan dan saran dari seluruh komponen yang ada di Kota Langsa.

Ketua MPD Kota Langsa Dr. Zainuddin, MA meyakinkan bahwa dengan adanya kegiatan MPLS kegiatan belajar mengajar di seluruh instrument pendidikan di Kota Langsa semakin baik, tutupnya.

Dalam wawancara singkat Kepala Sekolah SMKN 3 Langsa Halimahtussakdiah, S.Pd. yang diwakilkan oleh Pariati, S.Pd.I bidang Kesiswaan, mengucap terimakasih atas kunjungan satuan kerja Pemerintahan Kota langsa untuk mengisi kegiatan MPLS di SMKN 3 Langsa.

Di kegiatan MPLS, kami pihak sekolah telah menyiapkan materi berisikan profil satuan pendidikan, pembentukan karakter, pola hidup bersih dan sehat, penguatan kesadaran bela negara, pengenalan budaya dan pengenalan program Satuan Pendidikan yang bersih, hijau, sehat, aman, nyaman, dan menyenangkan, di SMK Negeri 3 Langsa, pungkasnya.

Wartawan Wiwin Hendra

  • Bagikan