Personil Kompi 2 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh Lakukan SAR Penanggulangan Banjir di Aceh Tamiang

  • Bagikan

Aceh Tamiang | Brasnews.net

Personil Kompi 2 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) dalam rangka Quick Response Search and Rescue (SAR) untuk penanggulangan banjir dan evakuasi korban di Desa Pekan Seruway, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Apel ini dilaksanakan pada Minggu, 13 Oktober 2024 sekitar pukul 15.00 WIB di Mako 2 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh dan dipimpin langsung oleh Komandan Kompi (Danki) AKP Muhammad Rizaldi.

Dalam arahannya, AKP Muhammad Rizaldi menekankan pentingnya menjaga nama baik kesatuan dan memberikan bantuan maksimal kepada masyarakat. “Dalam evakuasi barang berharga milik masyarakat, harus benar-benar dijaga. Mulai dari pengangkatan dari dalam rumah hingga saat meletakkan di tempat yang lebih aman, pemiliknya harus tahu sehingga barang tidak tertukar atau hilang,” tegas Rizaldi.

Baca juga beritanya  DPRD Tubaba Sepakati Raperda APBD-P TA 2024 

Setibanya di lokasi banjir, personel Brimob dibagi menjadi beberapa tim untuk melakukan evakuasi barang dan masyarakat, serta mendirikan tenda penampungan sementara dan dapur umum darurat. Masyarakat yang ingin mengevakuasi barang berharga mereka, akan dibantu oleh personel Brimob dengan menggunakan kendaraan becak motor (Bentor).

Selain itu, masyarakat yang ingin berpindah ke posko pengungsian juga didampingi oleh personel Brimob untuk menuju tempat yang lebih aman. Di setiap titik rawan dengan arus kencang dan genangan air dalam, Brimob memasang tali pengaman agar masyarakat lebih aman saat melintas.

Baca juga beritanya  Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Polres Bener Meriah Gelar Upacara 

Bersinergi dengan personel TNI, Polres Aceh Tamiang, dan masyarakat setempat, Brimob mendirikan tenda darurat sebagai tempat penampungan sementara bagi warga yang terdampak banjir. “Dengan adanya posko, masyarakat merasa lebih nyaman karena tidak ada genangan air dan mereka juga mendapatkan pelayanan yang baik dari personel Brimob,” tambah Rizaldi.

Evakuasi korban banjir terus dilakukan hingga malam hari, dengan personel Brimob menyisir pemukiman warga yang terisolir menggunakan perahu karet. “Alhamdulillah, masyarakat merasa senang dan nyaman dengan kehadiran personel Brimob,” kata Danki.

Baca juga beritanya  Bantuan Sosial Alumni Akabri TNI Polri Tahun 1990 di Kabupaten Bener Meriah

AKP Muhammad Rizaldi menegaskan bahwa bantuan yang diberikan personel Brimob merupakan wujud implementasi kehadiran negara saat warganya membutuhkan bantuan. “Personel Polri merupakan cerminan dari hadirnya negara dalam membantu warga yang menjadi korban banjir,” pungkasnya.

Oleh T.ans

  • Bagikan