MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1446 H / 2024 M DI MSJID AL- IKRAM ACEH UTARA

  • Bagikan

Aceh Utara | Brasnews.net, Setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah, umat Islam di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Para ulama dan penulis sirah sepakat Baginda Rasulullah SAW lahir di Mekkah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal sekitar tahun 570 atau sering juga disebutkan sebagai Tahun Gajah.

Tahun ini 12 Rabiul Awal jatuh bertepatan dengan tanggal 16 September 2024 M.

Di Aceh, Khusus nya di GLumpang Sulu Kecamatan Dewantara Aceh Utara, tradisi perayaan maulid Nabi Muhammad SAW disebut khanduri molod. Secara bersama-sama, masyarakat di setiap gampong gelumpang Sulu timur menyiapkan makanan di rumah masing-masing untuk dibawa ke masjid.

Baca juga beritanya  Koramil 03/TMG: Karbak  Bangun Jembatan Warga

Di kawasan desa gelumpang sulu timur, Aceh Utara, salah satu hidangan khas maulid adalah bu minyeuk alias nasi minyak. Ditambah beberapa lauk pelengkap seperti muloh tumeh atau bandeng tumis.Setelah selesai dikemas, beberapa jenis hidangan itu dibawa ke masjid. Biasanya dibungkus dalam plastik atau dalam kotak.

Setelah terkumpul, hidangan itu akan disantap bersama-sama dengan anak-anak yatim dan tamu undangan. Warga kampung lain yang berdekatan dan belum mengadakan kenduri maulid akan diundang. Nantinya, ketika gampong tersebut menggelar maulid, giliran warga gampong jiran yang sudah melaksanakan maulid diundang.

Baca juga beritanya  Founder Laskar Pelita Nusantara Fedirman Laia Minta KPK Periksa Menteri BUMN Erick Tohir

sejak pagi hingga sore, di hari peringatan maulid akan dilantunkan dike molod atau zikir maulid. Isi zikir ini memuji keagungan Baginda Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat Aceh sangat antusias menggelar maulid. Bagi masyarakat Aceh khanduri molod dapat dikatakan sebagai hari raya ketiga setelah hari raya Idul Fitri, Idul Adha. Selain di masjid, maulid juga di meunasah dilaksanakan, di instansi-instansi pemerintah secara bergiliran. Uniknya lagi, tradisi khanduri molod bisa berlangsung hingga tiga bulan setelah 12 Rabiul Awal

Baca juga beritanya  KEGIATAN JUM'AT CURHAT POLRES NAGAN RAYA: MASYARAKAT DAN KEAMANAN DIUTAMAKAN

Abdul Hadi sebagai ketua panitia masjid Al-Ikram cot murong, mengatakan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan santunan anak yatim sebanyak 80 orang. Tamu undangan kurang lebih sebanyak 2000 Orang.

Koramil, Polsek, dan Pak Camat juga ikut memeriahkan Maulid nabi bersama warga Gampong GLumpang Sulu Kecamatan Dewantara.

harapan saya kedepannya bisa mengadakan maulid nabi dan santunan anak yatim lagi. (HS)

  • Bagikan