Cegah Stanting sejak Dini: Babinsa bekerja sama Tim BKKBN dan Para Kader di Desa

  • Bagikan

Redelong | Brasnews.net

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh berkolaborasi dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Para kader desa memberikan edukasi dan makanan tambahan terhadap ibu hamil, remaja serta balita guna mempercepat penurunan stunting bertempat di Aula desa Rembele Kecamatan Bukit kabupaten Bener Meriah Rabu 24 April 2024.

Turut Hadir Hadir dalam kegiatan, Staf Teritorial Kodam IM Pabandya Komsos Letkol Inf Muhsin S,Ag, Kepala Staf Kodim 0119/BM Mayor Inf M Indra, Danramil 06/Bukit Kapten Inf Trimo SH, Pasi Ter Kapten Inf Takdir An Nur, Perwakilan BKKBN Propinsi Aceh Sdr. Fahmi SE berserta Tim, Kadis BKKBN Bener Meriah Edi jaswin SKM, M.Si beserta staf.

Komandan Kodim 0119/BM Letkol Kav Ino Setyo Darmawan S.E,.M.Han Menyampaikan Melelui Kapala staf Kodim 0119/BM Mayor Inf M. Indra bahwa Para Babinsa dilapangan bekerja sesuai tugasnya yaitu membina potensi wilayah, ketahanan pangan dan pertahanan Desa serta membantu mengembangkan potensi Desa melalui program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan TNI” Ujarnya.

Salah satunya Pemerintah selalu berkolaborasi terhadap Stunting pada anak dimana kondisi tersebut ditandai dengan kurangnya tinggi badan pada anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya (gangguan pertumbuhan pada anak) dan penyebab utama stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan pada anak. ucap Kasdim.

Dikatakan Indra” “Disini Para Babinsa harus berkolaborasi dengan unsur terkait sehingga dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai pelosok dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada anak muda yang akan melakukan pernikahan. Hal ini sudah dilakukan di Kabupaten Berhawa sejuk dimana Forkopimda telah membuat Program Bimbingan Perkawinan (Binwin) diantaranya menciptakan keluarga berkualitas, kesehatan reproduksi, belajar memasak, baca alqur’an dan calon pengantin diminta untuk mendownload aplikasi Elsimil (Elektronik siap nikah dan hamil) agar calon pengantin pahan tentang pencegahan stanting. Papar indra.

Di tempat yang sama Letkol Inf Muhsin S,Ag menyambut baik kolaborasi BKKBN – TNI dalam upaya percepatan penurunan stunting dengan cara melibatkan Babinsa di wilayah binaan masing-masing untuk membantu BKKBN dalam menurunkan angka stunting sesuai perintah komandan atas.

Ia, menegaskan bahwa penurunan stunting merupakan perintah dari Presiden. Oleh karena itu, menjadi kewajiban setiap pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyukseskan upaya percepatan penurunan angka stunting. terangnya.

Untuk itu” Seluruh jajaran Babinsa dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai fungsinya di setiap wilayah yang merupakan binaannya” Pungkasnya. (Jek)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *