Hanan A Rozak Bersama Kementan Gelar Bimtek Bagi Petani di Tulang Bawang Barat

  • Bagikan

Brasnews.net – Tulang Bawang Barat.
Anggota DPR RI, Ir. H. Hanan A. Rozak, MS bersama Kementrian Pertanian menggelar bimibingan teknis (Bimtek) penyuluhan bagi petani penggerak pembangunan pertanian desa mandiri di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), pada Sabtu (6/7/2024).

“Petani di desa kita menghadapi sejumlah tantangan yang menghambat produktivitas dan kesejahteraan mereka. Kurangnya akses ke pendidikan dan pelatihan, penguasaan teknologi, regenerasi petani dan banyak lagi” kata Hanan di hadapan ratusan ketua kelompok tani ( Poktan) dan kelompok wanita tani (KWT)

Baca juga beritanya  Diduga, Pemkab Bener Meriah Tak Bernyali Copot Direktur RSUD Muyang Kute

Hanan menyampaikan generasi muda cenderung kurang tertarik untuk bekerja di sektor pertanian, menyebabkan populasi petani yang menua. Kurangnya minat ini sering kali disebabkan oleh persepsi bahwa pertanian tidak menguntungkan dan kurang prestisius.

“Saat ini usaha tani kurang menjanjikan dan tidak menjamin kesejahteraan, sehingga banyak generasi milenial memilih bekerja di sektor non pertanian. Sehingga sektor pertanian menghadapi krisis tenaga kerja dan SDM pertanian,” lanjut Hanan.

Baca juga beritanya  Pj. Walikota Langsa Ikuti Pemusnahan 3.308,75 Gram Sabu Di Polres Langsa

Hanan meminta kepada Balai Penyuluh Pertanian untuk membantu mengenalkan dan membimbing petani dalam penerapan teknologi pertanian seperti smart farming.

Para Narasumber dalam Bimtek ini berasal dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian yang memberikan materi-materi penyuluhan bagi petani.

Hanan berharap melalui Bimtek ini, para peserta bersama penyuluh dapat menjadi penggerak pertanian di desanya masing-masing. Hanan menyampaikan dirinya bersama Kementrian telah melaksanakan Bimtek penggerak pertanian di beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung.

Baca juga beritanya  Kejari Bireuen Tetapkan Tiga Tersangka Dalam Dugaan Tindak Pidana Korupsi

Wartawan Wiwin Hendra

  • Bagikan