Hari Pahlawan Ke-78, Dandim 0104/Atim: Maknai dan Teladani Semangat Juang Para Pahlawan

  • Bagikan

Brasnews net | Langsa

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P., mengucapkan selamat memperingati Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023. Ia berharap di momen ini masyarakat mampu mengenang jasa pahlawan dan menjadikannya sebagai inspirasi serta mewarisi semangat juang, nasionalisme dan patriotisme para pahlawan terdahulu.

Hal ini ia sampaikan Letkol Tri Purwanto saat dikonfirmasi awak media dikantornya, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (09-11-2023) sore. Yang mana, pada tahun 2023 ini mengusung tema yakni Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

Bagi Letkol Inf Tri Purwanto, sosok pahlawan tak pernah penat berbuat untuk masyarakat, bahkan tak pernah berharap balas jasa. Dan yang terpenting, sosok pahlawan selalu mengabdi untuk negeri. Maka, spirit (semangat) seperti itu hendaknya menjadi tauladan bagi semua dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan negeri yang kita dicintai ini, “ungkapnya.

“Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunianyalah, pada hari kita dapat bersama-sama dapat memeringati Hari Pahlawan. Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, karena dengan bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan.

Karena kita bukan bangsa, yang menerima kemerdekaaan, dan bukan pula sebagai hadiah kemenangan, akan tetapi para Pahlawan rela berkorban serta dapat mengalahkan dan mengusir bala tentara negara luar, “katanya.

Ia juga mengatakan, semangat juang para pahlawan tidak hanya rela berkorban untuk mengorbankan harta bendanya saja, namun jiwa dan raganya untuk gugur sebagai kusuma bangsa. Nilai-nilai seperti itulah yang harus dapat diwariskan untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan saat ini.

“Teruslah menjadi warga Indonesia yang sebenarnya dengan menghormati Pancasila Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Tak lupa, saya juga mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Kobarkan semangat tekad dan jadikan pahlawan sebagai teladan disetiap langkah kehidupan kita, “pungkasnya.

– t anes –

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *