Kasdim 0119/BM Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Kebangkitan Nasional Ke-116

  • Bagikan

Redelong – Brasnews.net

Kepala Staf Kodim 0119/BM bersama unsur forkopimda hadiri upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Ke -116 Tahun 2024 dengan tema *Bangkit untuk Indonesia Emas* bertempat di Lapangan Upacara Seketariat Daerah Desa Serule Kayu Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah” Senin 20 Mei 2024.

“Dalam kegiatan tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara, Pj. Bupati
Drs. H. Haili Yoga, M.Si, dan Perwira Upacara Kominpo BM, Ilham Abdi SSTP., M.AP, sedangkan Komandan Upacara Staf Fungsional Bapeda Dandi Ramadhan, S.Tr.IP”

Upacara tersebut berlangsung hikmat dimana amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan oleh Drs.H.Haili Yoga, M.Si,” adalah, Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia.

Baca juga beritanya  Kasdim 0119/BM Bersama Forkopimda Hadiri Rapat Paripurna

Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politik, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban”

Lanjutnya” Dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini”. Ujarnya.

Baca juga beritanya  Empat Pabrik Gula PT SGN Raih Top 10 Rendemen Nasional

Lanjutnya, Sebelum Boedi Oetomo, Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia.

Ia” lah, sosok perempuan yang memperjuangkan aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia, sehingga dapat
muncul sejak lebih dari seabad lalu, kemajuan itu dirumuskan, diperincikan dan diperjuangkan, untuk kemudian menjadi milik seluruh bangsa Indonesia, karena ia yakin pada jaman modern seperti saat ini peralatan paling mumpuni adalah pendidikan.

Karena, bagi Kartini, pendidikan merupakan jalan yang dapat menguak horizon dan peradaban baru bagi kaum Bumiputera.

Baca juga beritanya  Sambut Ramadhan, Dandim 0203/Langkat Gelar Karya Bakti Terpadu di 28 Kecamatan Binjai-Langkat

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0119/BM Mayor Inf M. Indra Syahputra usai menghadiri upacara tersebut saat di konfirmasi menambahkan”
Saat ini, kita sebagai generasi bangsa, terlebih hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, untuk melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa ini, harus dapat berjuang dengan tantangan kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner, dengan Peringatan Hari kebangkitan Nasional (HARKITNAS), yang rutin kita laksanakan setiap tahunya, ini menandakan kita sebagai generasi penerus bangsa sudah berjuang untuk mempertahankan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan ” Pungkasnya (Rahmat)

  • Bagikan