Kasdim 0119/BM Hadiri Apel Polisi RW

  • Bagikan

Brasnews.net | Bener Meriah

Kepala Staf Kodim 0119/BM Mayor Inf M. Indra Syahputra menghadiri apel serentak Polisi RW (Dusun) di lapangan Polres Bener Meriah, Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Kamis (12/10/2023)

Kepala Polisi Resort Bener Meriah AKBP Nanang Indra Bakti S.H.,S.I.K. selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, saat ini indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup dinamis dan fluktuatif, seiring mendekatnya agenda pemilu dan pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Karakter Kabupaten Bener Meriah yang Demografis dan masyarakat heterogen dengan keanekaragaman ini, adakalanya mewarnai situasi kamtibmas di wilayah, seperti munculnya tindak kekerasan, kejahatan jalanan, KDRT, penyakit masyarakat dan sosial, maupun kasus kriminalitas lainnya dimana fenomena inilah, pada hari ini, saya mengapresiasi program polisi RW/Dusun yang diluncurkan Polri, sebagai salah satu strategi untuk menekan dan mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas, seiring upaya menciptakan kondusifitas masyarakat.

Melalui Polisi RW/Dusun, Polri bermitra dengan unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan unsur pemerintah daerah, untuk berkolaborasi mencari solusi permasalahan gangguan kamtibmas, meningkatkan kesadaran hukum dan memperkuat kepedulian masyarakat terhadap keamanan bersama.

Ia juga berharap, agar Polisi RW/dusun terus mengedepankan kearifan lokal yang memiliki tata dan aturan yang harus dihormati, selaras, artinya dengan pepatah *di Mana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung* ujarnya

Dengan berbagai potensinya, Polisi RW/Dusun juga berpotensi memperkuat kelompok jaga warga, dengan bersinergi menjalin komunikasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di lingkungannya. selain itu, Polisi RW/dusun juga diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi, dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat.

Dengan pendekatan tersebut, diharapkan tercipta daya tangkal dan daya cegah terhadap potensi gangguan keamanan, serta mampu menjadi problem solving di lingkungan masyarakat. senantiasa kedepankan prinsip kehati-hatian dalam setiap tugas, pastikan ketaatan sesuai dengan prosedur tetap dengan mengedepankan rasa kemanusiaan, agar polisi RW/Dusun dapat menjadi sejatinya mitra dan sahabat masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres mengajak, semua pihak untuk mendukung berjalannya program ini. semoga ke depan, silaturahmi antara Polri dan seluruh elemen masyarakat semakin solid. dengan terciptanya situasi keamanan yang kondusif, diharapkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan baik, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat aman, tenteram.

Sementara Kepala Staf Kodim Mayor Inf M. Indra Syahputra menuturkan pihak Kodim akan terus bersinergi dan bermitra dengan unsur masyarakat, unsur pemerintahan dan lembaga sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

“Kodim juga punya aparatur ke wilayah (Babinsa) yang siap bersinergi dan sejalan dengan Polisi RW dalam mencegah gangguan Kamtibmas dan menciptakan situasi yang kondusif aman serta nyaman,” tandas Kepala Staf Kodim(MZ)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *