KIP Langsa Diminta Tegas Terkait Adanya Pejabat KIP Orang Tua Salah Satu Paslon

  • Bagikan

Langsa | brasnews.net — Penyelenggaraan pemilihan walikota Langsa, menuai kritik karena Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Langsa diragukan kenetralannya di dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang, pasalnya salah seorang pejabat KIP kota Langsa ayah kandung salah seorang calon Wakil Walikota Langsa.

Kritikan ini sudah pernah kita layangkan kepada M. Dahlan, S.Sos.I Sekretaris KIP kota Langsa beberapa kali, bahkan dirinya juga mengakui bahwa adanya salah seorang pejabat di KIP kota Langsa yang merupakan ayah kandung dari salah seorang calon wakil Walikota Langsa, ujar Chaidir ketua Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) Suara Rakyat kota Langsa, Sabtu (19/10/2024).

“Sekretaris KIP kota Langsa M.Dahlan, S.Sos.I mengakui adanya salah seorang pejabat dilingkungan KIP kota Langsa yang merupakan ayah kandung salah satu calon wakil walikota Langsa yang akan bertarung pada Pilkada nanti dan dirinya juga sudah mengirimkan kepada kita, sebuah surat pernyataan dari yang bersangkutan, “kata Chaidir.

Baca juga beritanya  PERKUAT SINERGITAS PANGDAM IM DAN KAPOLDA ACEH GOWES BERSAMA.

Secara aturan kita juga sudah mencoba mengkonfirmasi ketua KIP kota Langsa Ridwan, ST lewat pesan Whatsapp terkait isu tersebut, bahkan beliau mengarahkan agar kita melakukan konfirmasi ke devisi SDM Fauzan, bila seandainya jawaban sekretaris KIP kota Langsa tidak memuaskan.

“Kedivisi SDM pak Fauzan Aza, konfirmasinya, kalau kurang puas dengan jawaban pak sekretaris, “ jawab Ridwan ST dalam pesan singkat whatsapp nya.

Ketua dan sekretaris LPP Surak kota Langsa mencoba menggali lagi keterangan, dengan mencoba menghubungi ketua Panwaslih kota Langsa Zulfikar melalui pesan Whatsapp berhubung beliau sedang perjalanan keluar daerah. Dalam jawaban singkat ketua Panwaslih kota Langsa menjawab, bahwa mereka juga melihat dan mengetahui hal tersebut, kami Panwaslih juga sedang menelaah hal tersebut dan akan segera duduk dengan kawan-kawan KIP kota Langsa untuk memastikan sikap kenetralan kawan-kawan KIP Langsa.

Baca juga beritanya  Pastikan Aman dan Lengkap, Dandim 0104/Aceh Timur Patroli Cek Hasil Surat Suara di Kantor Kecamatan Wilayah Kota Langsa

“Kita juga Melihat dan menegetahui hal tersebut, kami Panwaslih juga sedang mentelaah hal tersebut dan akan segera duduk dengan kawan-kawan KIP kota Langsa, untuk memastikan sikap kenetralan kawan-kawan KIP,”Jawab ketua Panwaslih Langsa.

Dalam hal ini kami sebagai Lembaga pemantau pemilu dan pilkada wilayah kota Langsa meminta keseriusan KIP dan Panwaslih kota Langsa dalam menangani kritikan yang bersumber dari masyarakat tersebut, dan hari Senin besok kita akan mengkonfirmasi Kembali sejauh mana sudah perkembangan proses tersebut bila juga tidak ada keseriusan dari KIP Langsa untuk memutuskan permasalahan tersebut maka kami atas nama LPP Surak Kota Langsa akan melaporkan hal tersebut ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Dan sejauh ini kita juga terus melakukan kordinasi dan konsultasi ke LPP Surak Provinsi Aceh dan DPP LPP Surak di Jakarta, pungkas Chaidir di dampingi sekretaris dan Bendahara LPP Surak Kota Langsa M.Nur Yusuf (Anes) dan Syafruddin (Wan Atjeh). (Tim)

  • Bagikan