Kodim 0119/BM Gelar Upacara Kebangkitan Nasional Ke-116

  • Bagikan

Redelong – Brasnews.net

Komando Distrik Militer 0119/BM mengelar upacara peringati hari Kebangkitan Nasional Yang Ke 116 tahun 2024, yang bertempat di lapangan upacara makodim setempat Jln Jalur Dua Desa Wonosobo Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah” Senin 20 Mei 2024

“Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapten Czi Aep Mukran Halid, sedangkan Komandan Upacara Kapten Inf Usep Hairuddin” dan Perwira Upacara Kapten Inf Edwar.

Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan SE.M.Han, yang diwakili Kapten Czi Aep Mukran Halid, membacakan inti amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia” Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Ke -116 dengan mengusung tema tahun ini *Bangkit untuk Indonesia Emas*. Hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat, bukan ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia”

Baca juga beritanya  Jum'at Bersih, Babinsa Pos Ramil Mesidah Gotong Royong Bersihkan Jalan

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia, bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita” Ujarnya

“Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politik, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata tetapi pada percakapan tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan, selain itu keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

Baca juga beritanya  Puluhan Tahun, Perahu Kayu Tradisional Transportasi Utama Masyarakat Desa Pasir Putih

Dikatakan Aep” Dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita bangsa Indonesia, guna mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dengan simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini”

Perlu kita ketahui bersama” Sebelum Boedi Oetomo, Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia.

Ia” Adalah sosok perempuan yang memperjuangkan aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia, hingga muncul sejak lebih dari seabad lalu, kemajuan itu dirumuskan, diperincikan dan di perjuangkan, untuk kemudian menjadi milik seluruh bangsa Indonesia, karena ia yakin pada jaman modern seperti saat ini peralatan paling mumpuni adalah pendidikan.

Baca juga beritanya  Sinergi Budaya : Danramil 02 Langsa Kota Hadiri Rapat Tradisi Meugang" Sambut Ramadhan 1445H.

Karena, bagi Kartini, pendidikan merupakan jalan yang dapat menguak horizon dan peradaban baru bagi kaum Bumiputera.

Saat ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, harus dapat menjaga dan melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa ini, sehingga dapat mempertahankan tantangan kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Kita” sebagai alat negara yang berkekuatan besar, harus dapat melakukan serta mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner, sehingga apa yang sudah dicapai dan dipertahankan oleh para pejuang pendahulu kita dapat kita isi dengan Inovasi dan teknologi yang moderen” Pungkasnya.(Rahmat)

  • Bagikan