Masyarakat Kota Langsa Implemntasi 4 Pilar Kebangsaan 

  • Bagikan

Langsa | Brasnews.net

Anggota DPR RI dari Partai Golkar,H.Ilham Pangestu dapil Aceh 2 mengatakan,“ Empat pilar kebangsaan yaitu pancasila, UUD 1945, bhineka tunggal ika,dan NKRI.Empat pilar ini sangat penting bagi kehidupan masyarakat indonesia karena didalam empat pilar ini terdapat kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat.

Hal itu diungkapkannya saat pelaksanaan 4 Pilar Kebangsaan yang di laksanakan di Jln Panglima Polim Kp Jawa, Kecamatan Langsa Kota,Kota Langsa Provinsi Aceh di aula Desa, pada tanggal 08 Maret 2024

Dalam kegiatan yang di hadiri oleh para tokoh masyarakat, Dusun Satria Gampong/Kelurahan. Kp Jawa Kecamatan Langsa Kota , Kota Langsa, ia menyampaikan, “Cara Mengimplementasikan 4 Pilar kepada Masayarakat sbb ;

1. Menghargai perbedaan

Menghargai perbedaan bisa juga diartikan sebagai sikap menghormati seperti halnya,tidak membeda-bedakan suku satu dengan suku lainnya,menghormati adat istiadat dan budaya suku lain,menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat status,dan juga menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat statusnya,membangun sikap toleransi. Sebagai Manusia kita harus saling menghargai perbedaan karena didalam hidup kita pasti ada perbedaan secara fisik,secara hobi,kesukaan hingga suku,agama,budaya dan lain sebagainya.

2. Tidak Menyebarkan Hoax

Hoax adalah kata yang berarti ketidak benaran atau kebohongan suatu informasi dan sering disebut dengan berita bohong.Hoax juga adalah suatu hal yang merugikan dampaknya masyarakat akan merasa yakin bahwa konten atau berita tersebut benar tanpa ada unsur kebohongan sama sekali,selain itu dampak hoax bisa merugikan emosi hingga finansial masyarakat.

3. Mematatuhi Aturan yang berlaku

Aturan merupakan ketentuan yang dibuat untuk membatasi tingkah laku atau mengikat seseorang.Seperti contohnya Aturan dirumah seperti aturan yang sudah disepakati oleh anggota keluarga, aturan sekolah yaitu aturan yang dibuat oleh pihak sekolah dan semua masyarakat harus mematuhinya,aturan masyarakat yaitu aturan yang disetujui oleh anggota masyarakat pada suatu wilayah,aturan pemerintah yaitu aturan yang dibuat oleh pemerintah dan wajib dipatuhi oleh warga masyarakat.

4. Peka Terhadap Kehidupan Sosial

Kepedulian sosial adalah perasaan bertanggung jawab pada kesulitan yang dihadapi oleh orang lain. Hal ini merupakan nilai penting harus dimiliki oleh semua orang karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak pernah bisa hidup sendiri. Namun pada dasarnya melakukan sebuah kegiatan sosial memang tidak bisa dipaksakan karena bergantung pada kesadaran masing-masing individu. Kepekaan untuk melakukan semua itu tidak bisa tumbuh begitu saja, dibutuhkan proses melatih dan mendidiknya.Peran mahasiswa sebagai agent of change sangatlah diperlukan dalam usaha mengajak melatih kepekaan sosial.

 

Oleh karena itu Ia berpesan, mengamalkan nilai-nilai dari keempat pilar kebangsaan ini dan harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif di limgkungan masyarakat, bangsa dan negara.pengamalan nilai-nilai empat pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri. Tutupnya,

Selanjutnya di dalam kegiatan ini terdapat beberapa hal penting yang di sampaikan oleh Narasumber Armansyah, S.Pd, M,Pd, mengatakan “pentingnya mengimplementasi empat pilar dalam kehidupan sehari-hari. Karena Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika menjadi kunci pedoman dalam membangun karakter bangsa.Membangun karakter bangsa itu tidak ada habisnya, dan pembangunan karakter akan terus berlanjut sepanjang zaman. Dan Oleh sebab itu, pendekatan yang berbeda diperlukan untuk menghadapi perubahan itu.Jika empat pilar ini diimplementasikan secara benar, maka Indonesia akan menjadi negara yang damai dan makmur.Kita sebagai masyarakat Indonesia, harus bisa mempertahankannya.tutupnya”

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *