Mediasi Antara Amrul Dg.Tayang Dengan Pengurus Pekuburan Borong Panrang Belum Ada Kesepakatan.

  • Bagikan

Gowa | Brasnews.net

Permasalahan pemindahan pekuburan di Borong Panrang lingkungan cambaya kelurahan Bontomanai kecamatan Bontomarannu kabupaten Gowa yang di adakan di balai pertemuan kantor lurah Bontomanai Selasa, 14 November 2023 sekitar pukul 11.00 wita berlangsung aman, namun belum ada kesepakatan.

Amrul Dg. Tayang pemilik tanah yang sudah bersertifikat merasa kecewa karena ketua pengurus pekuburan Borong Panrang tidak hadir dalam acara pertemuan dengan alasan berhalangan. Padahal harapannya dengan selesainya pertemuan mediasi ini maka selesai juga permasalahan karena menurutnya hanya keluarga/ahli waris dari orang yang di kubur di atas tanah miliknya yang komplain dengan tuduhan pembongkaran kuburan, padahal niatnya hanya memindahkan.

Adapun kronologis sebelum di lakukan pemindahan terlebih dahulu pihak developer bersama dengan pemilik lahan mendatangi Dg. Beta penjaga kuburan yang sekaligus sebagai “Pinati”. Setelah ketemu Dg. Beta bersedia dan sanggup mengerjakan asalkan dibantu dana sebagai biaya pemindahan. Lalu Dg Beta mengajak pihak developer untuk ketemu dengan Dg. Rewa selaku kepala lingkungan cambaya minta izin karena lokasi kuburan yang akan di pindahkan berada dalam wilayahnya.Setelah menyampaikan maksudnya dan tujuannya yang menurutnya apa yang bicarakan sudah di iyakan sehingga Dg.Beta bersama pihak developer kembali ke lokasi untuk menyiapkan persyaratan pemindahan pekuburan tersebut.

Sebagaimana Lurah Bontomanai Ilham Halim S.stp.MH setelah selesai pertemuan di sambangi beberapa wartawan menyampaikan bahwa, pertemuan ini baru tahap awal dengan tujuan mendengarkan masukan dari tokoh masyarakat yang hadir terutama dari kedua belah pihak pihak yang bermasalah. Lurah menghimbau agar pertemuan mediasi kedua yang insyaallah akan di adakan Minggu depan akan mendapatkan solusi agar permasalahan ini tidak berkepanjangan dengan harapan tidak berlanjut ke ranah hukum.

Yang hadir dalam pertemuan mediasi pemindahan pekuburan Borong Panrang adalah Ilham Halim, S.stp.MH. lurah Bontomanai. Bhabinkamtibmas dan Babinsa kepala lingkungan cambaya tokoh masyarakat dan tokoh perempuan, pihak developer, Amrul Dg. Tayang, pihak ahli waris dari keluarga yang di kubur di lokasi bermasalah.

Kaperwil Sulsel

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *