Optimalkan peran siswa disabilitas SLB TNCC adakan Pemilihan Pengurus OSIS periode 2023/2024

  • Bagikan

Banda Aceh | Baranews.net

SLB TNCC Banda Aceh kembali mengadakan Pemilihan Pengurus OSIS periode 2023/2024 pada Jumat, 23 September 2023. Dalam rangkaian kegiatan ini dibuka dengan tampilan tari sanggar seni istimewa dan lagu mengejar Matahari yang keduanya merupakan karya seni SLB TNCC.

Ketua Panitia, Rahmah Tina S.Pd mengatakan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS SLB TNCC kali ini merupakan kegiatan pemilihan kedua yang sudah dilakukan, dimana pada tahun ajaran sebelum juga sudah dilakukan dengan cukup baik. Acara pemilihan ketua OSIS dihadiri oleh seluruh peserta didik yang berjumlah 56 orang, Para guru yang berjumlah 30 orang beserta tamu undangan.

Muhammad Raffi (kelas 8 ADHD) selaku Ketua OSIS SLB TNCC Periode 2022/2023 memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi terbesar kepada tim kerja selama 1 tahun terkahir. Adapun beberapa program yang sudah berjalan setelah pemilihan ketua OSIS periode lalu adalah mengadakan rapat rutin dan penggalangan dana sosial pada hari Jumat. Bantuan yang telah disalurkan dari dana sosial ini adalah bantuan untuk korban gempa di turki pada tanggal 16 Februari 2023, musibah di Cianjur serta musibah banjir di Aceh Timur pada tanggal 03 Desember 2022.

Sementara itu Pengawas pembina SLB TNCC, Hj. Jamilah, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa siapapun yang terpilih menjadi Ketua OSIS nantinya semoga dapat menyusun program-program yang positif dan dapat dilaksanakan dengan optimal.

Pemilihan OSIS kali ini melewati beberapa tahapan diantaranya Pengajuan bakal calon Ketua OSIS yang terdapat 6 orang siswa yang sudah disetujui oleh Kepala Sekolah yaitu Naura Khalisa (kelas 3 tuna grahita), TM Farih Asykar (kelas 5 masalah komunikasi), Abiyan Alfarezel (kelas 6 tuna grahita), Ahmad Fayyad Rasya (kelas 7 tunarungu), Jiyad Fataya (kelas 8 autis) dan Talitha Inaya Syah (kelas 9 tunarungu). Keenam bakal calon kemudian diseleksi melalui proses polling oleh dewan guru untuk menentukan 3 kandidat dengan suara terbanyak lalu berhak melaju pada tahap selanjutnya. Pemilihan Ketua OSIS akhirnya dilakukan dengan pemungutan dan perhitungan suara secara demokratis pada 3 calon yaitu Abiyan Alfarezel, Ahmad Fayyad Rasya dan Jiyad Fataya setelah ketiganya melakukan orasi didepan semua pemilih.

Akhirnya setelah mendapatkan 28 suara terpilihlah Ahmad Fayyad Rasya (kelas 7 tunarungu) sebagai ketua OSIS periode 2023/2024 sementara kedua kandidat lainnya yaitu Jiyad Pataya mendapatkan 24 suara dan Abiyan Alfarezel mendapatkan 20 suara. Ketiganya akan menjadi pengurus inti OSIS SLB TNCC dibantu oleh 3 bakal calon yang telah lebih dahulu tersisih di tahap awal.

Di akhir kegiatan Kepala SLB TNCC Banda Aceh, DM. Ria Hidayati, S.Psi.,M.Ed menyampaikan bahwa sebagai sekolah Penggerak beragam program kreatif dan inovatif harus terus diciptakan terutama pemberdayaan para siswa disabilitas yang juga bisa punya hak sama dengan orang pada umumnya. “Memperkenalkan budaya pemilu yang demokratis adalah salah satu tugas sekolah agar semua siswa/i mendapatkan pengalaman langsung di lapangan. Secara keilmuan bertambah namun yang paling besar adalah memunculkan sikap sportif dan saling mendukung antar siswa dan guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran di SLB TNCC. SK pengurus OSIS SLB TNCC periode 2023/2024 juga sudah diserahkan saat selesai pengumuman hasil perhitungan suara sehingga tampak seperti nyata proses pemilunya. Ini adalah salah satu pembelajaran luar kelas yang sangat menyenangkan dan bernilai sangat positif”, tutupnya.

Acara yang berlangsung sekitar 3 jam ini berjalan dengan baik dan para pemilih juga sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Semoga pengurus OSIS SLB TNCC yang baru dapat menjalankan amanah dengan penuh rasa tanggungjawab dan disiplin.

(Is)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *