Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Hutan Kota Langsa

  • Bagikan

Brasnews.net – Kota Langsa
Kota langsa atau juga disebut Pemerintahan Kota Langsa (Pemko Langsa) merupakan salah satu wilayah perkotaan dengan luas wilayah 23.983,00 Ha yang memiliki Ruang terbuka Hijau (RTH) tepatnya berada di Kecamatan Langsa Baro, Pemko Langsa Provinsi Aceh.

Saat ini RTH hanya difungsikan sebagai taman wisata bagi pengunjung lokal maupun wisatawan luar daerah yang didalamnya terdapat berbagai hewan hewan yang di lindungi dan ada juga taman bermain di dalamnya, serta menyajikan berbagai jenis kuliner.

Dalam amatan penulis terbersit suatu yang dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota langsa di dalam RTH tersebut, selain yang penulis sebutkan diatas RTH Kota Langsa juga dapat berfungsi sebagai sarana olah raga Joging Track.

Dengan keasrian dan ke alamian hutan kota Pemerintah Kota Langsa dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang terbuka hijau ini tanpa merusak ekosistem yang ada.

Baca juga beritanya  Aceh Jadi Barometer Pilkada Nasional, DPD BAS Aceh Dukung Pelaksanaan Demokratis

Pemanfaatan ruang publik untuk keperluan rekreasi dan olahraga merupakan langkah positif yang perlu diapresiasi dan didorong oleh pemerintah daerah.

Salah satu contoh yang bisa dikembangkan adalah pemanfaatan Hutan Kota Langsa sebagai joging track.

Dengan menyediakan joging track yang nyaman dan aman di Hutan Kota Langsa, masyarakat akan terdorong untuk lebih aktif berolahraga, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas kesehatan mereka, karena aktivitas fisik secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, dan gangguan mental.

Karena Joging merupakan aktivitas fisik yang mudah diakses oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga lansia.

Selain itu juga RTH Hutan Kota Langsa merupakan aset berharga yang memberikan banyak manfaat ekologi dan sosial, dengan menjadikannya sebagai joging track, pemerintah dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang terbuka hijau ini tanpa merusak ekosistem yang ada.

Baca juga beritanya  Bantuan Tenaga Kesehatan Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Untuk Masyarakat Pedalaman Perbatasan Papua Selatan

Selain itu Joging track dapat dirancang sedemikian rupa sehingga tetap menjaga keasrian dan kealamian hutan kota.

Joging track di Hutan Kota Langsa dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang keanekaragaman hayati dan pentingnya konservasi lingkungan.

Informasi-informasi edukatif bisa dipasang di sepanjang rute joging untuk memberikan pengetahuan tambahan, bagi pengunjung.

Dengan dibukanya sarana joging track di RTH akan menambah daya Tarik Wisata, sebab Hutan Kota Langsa bisa menjadi destinasi wisata lokal yang menarik bagi penduduk sekitar maupun wisatawan dari luar daerah.

Joging track yang indah dan tertata baik dapat menjadi daya tarik tambahan untuk membuat lebih banyak orang berminat untuk mengunjungi hutan kota, hal ini bisa memberikan dampak positif pada perekonomian lokal, terutama bagi sektor pariwisata dan usaha kecil menengah.

Ruang publik seperti joging track dapat menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi bagi masyarakat. Interaksi sosial yang terjadi saat berolahraga bersama dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan memperkuat hubungan sosial antar warga. Ini penting untuk membangun komunitas yang lebih solid dan harmonis.

Baca juga beritanya  Tanggapi Dukungan PDIP, Edy Rahmayadi: Suatu Kebanggaan Bagi Saya

Joging di track khusus sering kali lebih menyenangkan karena kita berada di lingkungan yang didedikasikan untuk olahraga.

Dan perlu digaris bawahi dengan dibukanya Joging Track di RTH bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena tempat jogging track tersebut berada di lokasi yang indah, sehingga daya tarik masyarakat untuk berkunjung di RTH untuk melakukan aktifitas olah raga semakin di minati.

Apa lagi arena Joging track memiliki fasilitas tambahan seperti tempat istirahat, yang bisa meningkatkan motivasi masyarakat untuk berolahraga secara rutin di RTH hutan kota Langsa.

Penulis Wiwin Hendra
Redaktur Pelaksana Media On Line Brasnews.net

  • Bagikan