Pur Projet Sukses Bagikan Ribuan Bibit Ke Petani Melalui LSM Lauser Hijau Lestari (LAHIR)

  • Bagikan

Brasnews.net | Bener Meriah

Hari ini Pur Projet melalui Lembaga Swadaya Masyarakat Lauser Hijau Lestari (LSM LAHIR) sukses membagikan ribuan bibit ke petani.

Sebanyak 110.000 bibit yang di bagikan, tepatnya di Desa Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jum’at (20/10/2023)

Kegiatan yang di gelar mengusung tema “Dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Lauser Hijau Lestari (LSM LAHIR) Bener Meriah Hijau”.

Dalam sambutanya perwakilan Pur Projet Hendrika Fauzi mengatakan, “Pur Projet ini bergerak di bidang lingkungan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi, hal ini adalah bagian kecil yang mampu kami support di kabupaten Bener Meriah meskipun belum sempurna. di samping itu juga program ini bertujuan untuk menjaga lingkungan.” Ucapnya

Dirinya juga mengungkapkan bahwa, “di daerah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah itu 70% krisis air bersih. Setelah pihaknya menanyakan kepada para petani air sudah banyak yang tercemar oleh pestisida, tentunya dengan program ini mari bersama sama kita menjaga lingkungan.” Pungkasnya

Bibit yang di bagikan kepada petani antara lain bibit alpukat unggulan, jeruk madu, jeruk nipis, pohon gaharu dan pohon mahoni.

Manager Lauser Hijau Lestari (LAHIR) Muhardi S.Hut juga mengatakan, “Adapun yang mensuport dana dalam hal ini adalah dari Nespresso, kemudian Nespresso memberikan kepercayaan ke Pur Projet dan LSM LAHIR ini merupakan pihak ketiga.” Paparnya

Di hadapan tamu undangan yang hadir Muhardi juga menyampaikan, bahwa pihak LSM LAHIR hanya melakukan sosialisasi kemudian memberikan kepada bibit kepada petani dan petani hanya menyiapkan lahannya saja.” Pungkas Muhardi

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan survei di berbagai wilayah yang ada di provinsi aceh, pembagian bibit ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kedepannya.

Menariknya bukan itu saja, selain bibit yang di terima oleh petani. Petani juga mendapatkan pupuk organik 0,5 gram per pohon nya dan biaya perawatan selama dua kali.

Pupuk dan juga biaya perawatan yang di salurkan nantinya kepada petani, pihak LSM akan di lakukan tahapan pengecekan dalam dua tahapan. apakah bibit yang di berikan setelah di tanam apakah hidup atau tidak.

Kemudian di lanjutkan dengan pembagian bibit ke para petani binaan mereka. dan juga dilanjutkan dengan penanaman perdana di seputaran lokasi acara tersebut oleh, Pur Projet, Nespresso, Pj Sekda Bener Meriah, Kapolres, Kodim, Danramil, Kapolsek, Jurnalis dan kepala desa.

Di acara pembagian bibit kepada para petani itu, Pj Sekda Bener Meriah Armansyah S.E., M.Si, Kapolres Bener Meriah AKBP Nanang Indra Bakti S.H, S.I.K, Dandim 0119 Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan S.E., M.Han dan juga tamu undangan lainya juga ikut membagikan kepada para petani.

Adapun ribuan pohon bibit yang di bagikan pada acara itu, tepatnya ke Desa desa binaan Lembaga Swadaya Masyarakat Lauser Hijau Lestari (LSM LAHIR) tersebut.

Ada 8 desa di Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah yang menerima bibit yang mereka berikan, mulai dari desa Pante Raya, Belang Menara, Wonosoboh, Burni Telong, Cinta Damai, Simpang Antara, Lut Kucak dan Desa Jamur Ujung.(SH)

Editor :R.Ramadhan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *