SMKN 6 Langsa Sambut Peserta Didik Baru Gelar MPLS Selama 3 Minggu

  • Bagikan

Brasnews.net – Kota Langsa
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Langsa menyambut peserta didik baru dengan mengadakan sebuah kegiatan yang dinamakan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ), Senin 15-07-2024

Dalam kata sambutannya saat melakukan apel dan upacara bendera perdana di lingkungan SMKN 6 Langsa Kepala Sekolah (Kepsek) SMK N 6 Langsa Kastiono., S.Pd mengatakan di depan para peserta didik baru bahwa” masa MPLS merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membentuk mental peserta didik baru agar kuat menghadapi tekanan yang akan dirasakan saat memasuki dunia kerja di kemudian hari”.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah, ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SMK N 6 Langsa Kastiono., S.Pd di hadapan para peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2024/2025.

MPLS sebenarnya sama saja dengan Orientasi yang mempunyai tujuan mengenal lebih jauh bagaimana karakteristik sekolah tersebut, demikian ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SMK N 6 Langsa Kastiono., S.Pd saat di konfirmasi oleh Media Brasnews.net di ruang kerjanya, usai melaksanakan upacara bendera dan apel perdana di lapangan upacara SMKN 6 Langsa Senin 15 – 07 – 2024

Baca juga beritanya  Tgk. Abdul Aziz, Ketua FDM Pidie dan Duta Pemimpin Indonesia Favorit, Hadiri Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut

Lanjutnya, masa MPLS merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membentuk mental peserta didik baru agar kuat menghadapi tekanan yang akan dirasakan saat memasuki dunia kerja di kemudian hari.

MPLS harus menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik.

Kegiatan MPLS di SMK N 6 Langsa melibatkan guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS dan Komite agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Baca juga beritanya  Polres Bener Meriah Gelar Patroli Cipta Kondisi dan Razia malam di Wilayah Hukum Polres Bener Meriah

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka, jelas Kastiono.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh peserta OSIS yang melaksanakan kegiatan perkenalan dengan adik adik kelasnya dengan melakukan kegiatan kegiatan yang bersifat kreatifitas yang dilakukan oleh Ketua Osis Muhammad Ayek Fahmi dan rekan rekannya

Kastiono juga mengatakan adapun masa Kegiatan MPLS selama 3 minggu ke depan dengan agenda kegiatan, untuk Kegiatan MPLS itu sendiri selama seminggu dengan program kegiatan upacara bendera, pengenalan Visi Misi sekolah dan kultur sekolah yang di pandu oleh para guru dan organisasi OSIS.

Baca juga beritanya  Bawaslu Bolmong Waspadai Mahar Politik Jelang Pilkada 2024

Kemudian untuk minggu ke dua kegiatan Literasi dan minggu ke tiga kegiatan Numerasi semua itu dirangkum dalam kegiatan kurikulum dan ekstra kurikulum, karena SMKN 6 Langsa ini SMK khusus kesehatan yang didalamnya terdapat dua jurusan yaitu juran Farmasi dan Keperawatan.

Untuk tahun pelajaran 2024 ini peserta didik baru yang telah terdaftar dan sedang mengikuti MPLS sebanyak 151 orang, dengan rincian jurusan Farmasi sebanyak 83 orang dan jurusan Keperawatan sebanyak 68 orang, terangnya.

Semoga dengan kegiatan MPLS ini diharapkan para peserta didik baru dapat mengikutinya agar lebih mengenal sekolahnya melalui cara pandang mereka terhadap sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu dengan segala unsur-unsurnya yang meliputi gedung sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, orang tua/wali, dan masyarakat sekitar, pungkas Kepala Sekolah SMKN 6 Langsa Kastiono., S.Pd

Wartawan Wiwin Hendra

  • Bagikan