Staf Ahli Bidang Perekonomian : Program Agroforestry sebagai upaya memaksimalkan SDA untuk dimanfaatkan petani

  • Bagikan

Redelong | Brasnews.net

Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Drs. Muzakarah. MM membuka kegiatan konsolidasi bersama dalam rangka program agroforestry di Aula Caffe Rembele, Rabu (30-01-2024)

Kegiatan konsolidasi bersama dalam rangka program agroforestry itu terlaksana atas kerjasama Pemerintah Daerah Bener Meriah dengan Lembaga swadaya Masyarakat (LSM LAHIR) Leuser Hijau Lestari.

Dalam pidato Pj. Bupati Bener Meriah, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Drs. Muzakarah, MM menyampaikan sistem agroforestry adalah salah satu program yang dilakukan pemerintah sebagai upaya memaksimalkan potensi sumber daya alam untuk dimanfaatkan oleh petani. Program ini diperuntukkan bagi petani yang menggarap lahan milik negara, dengan syarat dimana proses tanamnya harus berbasis ramah lingkungan.

Baca juga beritanya  Mantan Penyewa Rumah jadi tersangka Pembunuhan terencana di Medan Utara diungkap Polres Pelabuhan Belawan

“Kami sangat antusias kita dipertemukan melalui kegiatan seperti ini, apalagi hingga saat ini Lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Leuser Hijau Lestari sudah banyak membantu petani di Bener Meriah melalui program agroforestry.

Potensi Sumber Daya Alam kita begitu melimpah dan memiliki nilai ekonomi. Oleh karena itu, kita harus bisa manfaatkan SDA kita sebagai potensi bisnis,”ucap Muzakarah.

Dia juga menyampaikan, bahwa, Pemerintah daerah sudah punya komitmen bersama Lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Leuser Hijau Lestari, artinya pihak Lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Leuser Hijau Lestari juga sudah berjanji untuk membantu pemerintah Bener Meriah dalam mendukung masyarakat tani demi eksistensi lembaga dan kesejahteraan masyarakat. “kami harap, hasil dari pertemuan ini nanti akan ada komitmen bersama yang bisa kita jadikan semangat baru bagi masyarakat tani dalam mengelola hutan garapan di Kabupaten Bener Meriah ini. Kami juga berharap pihak LSM LAHIR bisa terus memberikan pendampingan dan edukasi kepada para kelompok masyarakat tani dalam program agroforestry ini, sehingga ada keseimbangan antara proses tani, perputaran ekonomi dan perlindungan terhadap lingkungan alam,”kata Staf Ahli Bupati itu.

Baca juga beritanya  Penetapan Kursi DPR Kota Langsa Menunggu Arahan KPU RI

Lebih jauh disampaikannya, keuntungan yang dilihat dari sistem agroforestry tidak hanya dilihat dari sisi ekonomi saja, namun, alamnya juga tetap terjaga, karena salah satu manfaat dari sistem agroforestry ini adalah mengurangi gas karbon. Muzakarah juga menginginkan program PERHUTANI melalui sistem agroforestry ini bisa di implementasikan juga di sejumlah daerah yang ada, sehingga pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bener Meriah melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam bisa dirasakan secara menyeluruh.(Tim ProkopimBM)

  • Bagikan