Sukseskan Program Ketahanan, Kodim 0106/ Ateng Panen I’M Jagong

  • Bagikan

Brasnews.net | Aceh Tengah

Dalam rangka HUT TNI ke-78, Kodim 0106/ Ateng sukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023, dengan tema “Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju”, bertempat di lahan Jagong Kp. Mulie Jadi Kec. Silih Nara Kab. Aceh Tengah. Rabu (01/10/23)

Dalam sambutan Dandim 0106/Ateng yang dibacakan oleh Kasdim 0106/Aceh Tengah, Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd.,AIFO menyampaikan Pangan merupakan komoditas penting strategis bagi bangsa Indonesia dan mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama, seperti yang diamanatkan oleh undang-undang no. 18 tahun 2012 tentang pangan. Dalam UU tersebut disebutkan Pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terkait pangan.

Namun hal ini belum berjalan secara maksimal mengingat pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia selalu lebih cepat dibandingkan dengan produksi pangan, sehingga kebutuhan pangan di Indonesia akan selalu kurang. Oleh karena itu, peningkatan pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan oleh semua pihak salah satunya dengan memberdayakan Satuan-satuan TNI AD diwilayah.

Jajaran Kodam Iskandar Muda, menindak lanjuti surat telegram pangdam IM NO ST/1352/2023 tanggal 07 September 2023 tentang rencana panen jagong perdana dan program “I’M Jagong”, salah satu tugas TNI Angkatan darat adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menjadi kekuatan pertahanan negara.

Guna menangkal setiap ancaman dan gangguan yang membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta menyiapkan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah secara efektif dan berkelanjutan melalui Program I’M Jagong ini.
sesuai dengan arahan dari Pangdam Iskandar Muda untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Semoga dengan adanya kegiatan panen jagong ini dapat meningkatkan sinergitas antara Kodim 0106/Ateng dan Pemerintah Daerah Kab. Aceh Tengah khususnya di bidang pertanian, karena masalah pangan ini adalah tanggung jawab kita bersama.” Ungkapnya”.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Bupati Aceh Tengah diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekdakab. Aceh Tengah, Salman Nuri, S.STP.,M.Ec.,Dev, Dandim 0106/Ateng diwakili oleh Kasdim 0106/Aceh Tengah, Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd.,AIFO, Kabag SDM Polres Aceh Tengah, Kompol Sofian Yosa, Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Aceh Tengah, Ir. Sukanto. MP, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Aceh Tengah, Rahma Novatiana, SH, Ketua MPU Aceh Tengah, Drs. Amry Jalaluddin. S. Ag, Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim 0106/Ateng, Ny. Sri Ayusti Utami Kurniawan dan Tamu undangan (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *