Tradisi “Meukat” Hidup Kembali, Serma Abdul Hakim Bantu Petani Seuneubok Tuha

  • Bagikan

Brasnews.net – Aceh Timur
Serma Abdul Hakim, Babinsa Koramil 20/Pante Bidari, Kodim 0104/Aceh Timur, kembali beraksi dalam mendukung pertanian lokal dengan melaksanakan pendampingan pertanian di Desa Seuneubok Tuha, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur.Bersama para petani, ia turut serta dalam tradisi gotong royong “Meukat” untuk menyiapkan penanaman padi.

Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 ini tidak hanya bertujuan untuk mempercepat proses penanaman, tetapi juga untuk memperkuat kebersamaan dikalangan masyarakat desa. Serma Abdul Hakim bersama warga bahu-membahu menyiapkan bibit padi, menjadikan pekerjaan lebih ringan dan efisien.

“Meukat adalah bagian dari tradisi kami yang mencerminkan nilai kebersamaan dan gotong royong. Dengan cara ini, kami tidak hanya mempercepat proses persiapan penanaman padi, tetapi juga mempererat hubungan sosial diantara warga,” ujar Serma Abdul Hakim.

Warga Desa Seuneubok Tuha menyambut baik inisiatif ini dan merasa terbantu dengan adanya dukungan dari TNI. Salah satu petani setempat, Ibu Nur Asiah, mengatakan, “Kegiatan gotong royong ini sangat bermanfaat bagi kami. Tidak hanya meringankan beban kerja, tetapi juga memperkuat rasa persaudaraan di antara kami.” Katanya.

Pendampingan ini merupakan bagian dari program Koramil 20/Pante Bidari untuk mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya. Melalui tradisi “Meukat”, Babinsa Koramil 20/Pante Bidari berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pertanian lokal serta membangun semangat kebersamaan diantara masyarakat.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan edukasi mengenai teknik penanaman padi yang efektif dan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan pertanian. Koramil 20/Pante Bidari terus berkomitmen untuk mendukung masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam sektor pertanian.

Wartawan Wiwin Hendra

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *