Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 Tahun 2024 Kejaksaan Negeri Langsa

  • Bagikan

Lqmgsa | brasnews.net –Kejaksaan Negeri Langsa melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke- 64 Tahun 2024 dengan tema “Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas” di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Langsa Kota Langsa, Senin (22/7/2024)

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Negeri Langsa Efrianto, S.H., M.H. dan diikuti oleh Kasubbag, para Kepala Seksi, para Jaksa Fungsional dan seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Langsa.

Kepala Kejaksaan Negeri Langsa menyampaikan Amanat Jaksa Agung RI, sebagai berikut: Dalam perjalanan lima tahun, kejaksaan mengalami peningkatan grafik eksponensial, dan peningkatan tren sangat positif. Dan sepanjang sejarah bahwa lembaga kejaksaan menjadi lembaga penegakan hukum paling dipercaya publik.

Adapun bidang yang mengalami peningkatan, Pertama Bidang Pembinaan, per 12 Juni 2024 penyerapan anggaran Kejaksaan RI mencapai persentase 49,50% senilai Rp9.218.897.941.018, (sembilan triliun dua ratus delapan belas miliar delapan ratus sembilan puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh satu ribu delapan belas rupiah) dan juga telah melaksanakan penerimaan pegawai T.A 2023 dengan jumlah perekrutan sebanyak 7.648 CPNS dan 249 PPPK.

Kedua bidang Intelijen, per Juli 2024 telah melakukan kegiatan pengamanan pembangunan strategis sebanyak 258 proyek, yang di dalamnya terdapat 86 proyek strategis nasional. Kemudian pelaksanaan Tangkap Buronan periode Januari s.d Juni 2024 sejumlah 73 orang.

Baca juga beritanya  Kunjungan Studi Banding Jabatan Penjara Malaysia ke Rutan Kelas I Medan

Ketiga Bidang Tindak Pidana Umum, penyelesaian penanganan perkara hingga tahap eksekusi sampai pada Juni 2024 sebanyak 46.300 perkara, dan tahap dua sebanyak 55.202 perkara. Penghentian penuntutan dengan pendekatan keadilan restoratif sejak diundangkannya beleid tentang keadilan restoratif, sebanyak 5.482 perkara. Serta membentuk Rumah RJ sebanyak 4.617 dan Balai Rehabilitasi NAPZA sebanyak 112 .

Keempat Bidang Tindak Pidana Khusus, sepanjang Semester I 2024 telah melakukan penyelamatan dan pemulihan kerugian keuangan negara kurang lebih sebesar Rp1,3 Triliun serta di tahun ini bidang pidsus sedang mengungkap penanganan perkara mega korupsi tata kelola pertambangan timah dengan kerugian total sebesar Rp300 triliun yang terbagi menjadi kerugian negara sebesar Rp29 triliun dan kerugian keuangan negara karena kerusakan lingkungan sebesar Rp271 triliun.

Kelima Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, telah berhasil melakukan penyelamatan Keuangan Negara melalui jalur perdata sebesar Rp23 triliun, dan emas seberat 107 ton serta pemulihan keuangan negara sebesar Rp636 miliar. Selanjutnya sejak Januari s.d Juni 2024 dalam Pendampingan Proyek Strategis Nasional, bidang Datun melakukan pendampingan hukum sebanyak 3 kegiatan dan 6 pendapat hukum. Dalam penanganan perkara perdata, telah melakukan bantuan hukum litigasi sebanyak 707 perkara dan bantuan hukum non litigasi sebanyak
13.566 perkara. Sedangkan di bidang Tata Usaha Negara sebanyak 151 perkara serta perkara uji materiil sebanyak 26 perkara.

Baca juga beritanya  Jaga Kondusifitas Kamtibmas Diwilkumnya, Polisi Di Aceh Tengah Intensifkan KRYD Malam Hari

Keenam Bidang Pidana Militer, sejak Agustus 2023 sampai Juni 2024, telah melaksanakan fungsi koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh Oditurat sebanyak 118 kegiatan, yang terdiri dari 59 Penindakan, 40 Penuntutan dan Eksekusi sejumlah 19 perkara.

Ketujuh Bidang Pemulihan Aset, terhitung sejak bulan Desember tahun 2023 s.d. bulan Juni tahun 2024, BPA telah melaksanakan pemulihan aset yaitu penjualan lelang untuk optimalisasi PNBP, alih status penggunaan, pemanfaatan dan hibah barang milik negara yang berasal dari barang rampasan dan pendampingan Kementerian/ Lembaga senilai Rp196 miliar.

Mengingatkan tanggal 27 November nanti perhelatan Pilkada Serentak akan dilaksanakan, sehingga diperlukan kesiapan dan peran serta jajaran Kejaksaan dalam sentra Gakkumdu, yang paling saya soroti adalah terkait netralitas jajaran Kejaksaan. Di tegaskan, Tidak ada ruang politik praktis bagi jajaran Kejaksaan, Netralitas Adhyaksa, Harga Mati.

Tahun 2024 merupakan tahun transisi peringatan HBA, dimana pada hari ini
seluruh Kejaksaan melaksanakan upacara yang diikuti dengan semarak rangkaian perayaannya, dan nanti juga akan melaksanakan upacara peringatan hari lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September.

Mulai tahun depan, setiap tanggal 22 Juli Kejaksaan hanya akan
memperingatinya dengan upacara sebagai momen berkontemplasi secara internal dan edukasi kepada masyarakat atas peran dan kedudukan Kejaksaan. Sedangkan rangkaian semarak kegiatan perayaan akan difokuskan pada perayaan hari lahir Kejaksaan tanggal 2 September.

Baca juga beritanya  Kasat Binmas Polres Bener Meriah Hadiri Pembukaan Sekolah Madrasah Belangi Angkatan Ke 2 Tahun 2024

Kejaksaan Negeri Langsa dalam semarak rangkaian perayaan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 2024 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ke-XXIV Tahun 2024 telah melaksanakan Kegiatan Jaksa Parade Festival Kesehatan dan Bahakti Sosial dengan slogan Generasi Emas 2024 untuk Indonesia Emas 2045 yang meliputi kegiatan diantaranya,

Adhyaksa Peduli Stunting dan Donor Darah 11 Juli 2024, Bhakti Sosial dan Penyalaan Listrik Secara Gratis kepada 3 rumah masyarakat yang dilakukan secara serentak di masing-masing satker pada wilayah Kejaksaan Tinggi Aceh 15 Juli 2024, Anjangsana Purnawirawan Kejaksaan (Purnaja) di Wilayah Kota Langsa 15 Juli 2024,

Jaksa For Student dan Sosialisasi Bahaya Narkotika dan HIV serta Pemberantasan Judi Online kepada 250 orang siswa- siswi SMKN 3 Langsa 17 Juli 2024, Bhakti Sosial dan Anjangsana ke Yayasan Pemerhati dan Penguatan Anak Negeri Kota Langsa, 17 Juli 2024, Pasar Murah dan Bazar UMKM bertempat di depan Kantor Kejaksaan Negeri Langsa18 Juli 2024, Perlombaan Masak Sehat, Senam Kreasi, dan Merangkai Buah dan Sayur oleh Pegawai Kejaksaan dan IAD Daerah Langsa19 Juli 2024 dan Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan Kota Langsa pada tanggal 21 Juli 2024. (Kajari Langsa)

  • Bagikan