12 Kecamatan Mengikuti Festival Peh Keukarah Yang Di Gelar DKA.

  • Bagikan

Brasnews.net | Bireuen

Dalam rangka melestarikan kuliner jajanan tradisional, Dewan Kesenian Aceh (DKA) Bireuen menggelar festival kue tradisional Peh Keukarah (kue karah).

Festival Peh Keukarah yang di gelar di halaman Pendopo Bireuen, Sabtu pagi (21/10/23), diikuti 12 tim perwakilan dari 12 kecamatan dalam wilayah Kabupaten.

Disela-sela kegiatan, Ketua DKA Bireuen, H Mukhlis, S.H didamping Ketua Pelaksana kegiatan Fauzan, S.Pd dalam keterangannya kepada Wartawan mengatakan, festival ini di selenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-24 Kabupaten Bireuen tahun 2023.

Selain itu, untuk melestarikan kebudayaan kue tradisional khas Aceh yang sudah ada dan dibuat oleh masyarakat dari zaman dahulu.

Dikatakan, Aceh merupakan salah satu daerah di nusantara yang memiliki tradisi kuliner yang kuat.

Begitu pula dalam hal makanan ringan atau cemilan. Salah satu cemilan tradisional khas Aceh yang masih bertahan hingga kini adalah keukarah atau kue karah.

Kue kering yang memiliki rasa manis dan renyah ini menjadi teman yang pas saat bersantai sambil menikmati secangkir kopi khas Tanah Rencong.

Dia berharap dengan festival ini bakal lahir generasi penerus untuk melanjutkannya agar keberadaan kue tradisional ini tidak terkikis atau hilang dari peredarannya.

“Dengan digelarnya Festival Peh Keukarah ini menjadi bukti penguatan tekad DKA Bireuen dalam melestarikan budaya kuliner dan jajanan tradisional Aceh cukup besar,” jelas H Mukhlis.

Fauzan menambahkan, Festival Peh Keukarah ini diikuti 12 kelompok perwakilan dari 12 kecamatan dalam wilayah Kabupaten.

Dalam festival ini tim penilai akan menilai peserta terbaik I,II, III serta terbaik harapan I, II dan III dan mendapat hadiah dari panitia.

“Dengan festival ini diharapkan dapat tumbuh regenerasi penerus untuk melanjutkan budaya kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman dulu, sehingga tidak hilang ditelan masa,” ujar Fauzan.

Amatan Wartawan di lokasi antusiasme peserta mengikuti festival itu cukup tinggi dan Ketua DKA Bireuen H Mukhlis yang akrap disapa Mukhlis Takabeya diberi kesempatan untuk mencoba membuat kue tradisional Aceh tersebut.

Selain Festival Peh Keukarah ini DKA Bireuen juga menyelenggarakan Festival Rapai di Hotel Fajar Bireuen yang diikuti 14 grup.

Pantauan Wartawan, Festival Peh Keukarah Yang Di Gelar DKA Berjalan Lancar Dan Sukses.

HENDRI

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *