Bagi Pelajar Yang Memiliki KIA, Akan Mendapat Discount Hingga 30 Persen di Café Seladang

  • Bagikan

Brasnews.net |Bener Meriah,Aceh

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan Café Seladang dalam merangsang masyarakat, khususnya para pelajar di daerah itu, untuk segera memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Bentuk kerjasama tersebut, jika anak-anak maupun pelajar yang telah mengantongi KIA, akan mendapat discount (potongan harga) setiap melakukan transaksi di Café Seladang. Kerjasama itu, ditandai dengan penanda tanganan kesepakatan antara Disdukcapil dengan Café Seladang yang berlangsung, Selasa (31/10/2023).

Penanda tangana kesepakatan itu, disaksikan oleh Pj Bupati Bener Meriah yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, Khairmansyah, S.IP, M.Sc di Cafe Seladang. Kesepakatan itu ditanda tangani oleh Kadisdukcapil, Sasmanto, SE, dan Pemilik Cafe seladang, Sadikin.

Setelah dilakukan penandatanganan tersebut, anak-anak Kabupaten Bener Meriah yang memiliki KIA akan mendapat potongan harga 30% setiap melakukan transaksi di Cafe Seladang itu. Asisten I Setdakab Bener Meriah, Khairmansyah dalam sambutannya mengapresiasi atas terlaksananya inovasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi Inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil dalam mendorong kepemilikan KIA di Kabupaten Bener Meriah. Terlebih kepada Bapak Sadikin selaku Pemilik Cafe Seladang, ini perlu kami ucapkan terima kasih atas dukungannya kepada Pemerintah Daerah,” kata Khairmansyah.

Disebutkan dengan adanya potongan harga yang diberikan menjadi bentuk kepedulian owner Café Seladang dalam mendukung program pemerintah atas kepemilikan administrasi kependudukan bagi masyarakat,

“Semoga dengan dimulainya kerjasama dengan Cafe Seladang ini, dapat membuka jalan bagi Pemda Bener Meriah untuk terus menjalin kerjasama dengan dunia usaha lainnya, agar kepemilikan Kartu Identitas Anak ini dapat mencapai 100 persen di Kabupaten Bener Meriah,” sebutnya.

Sementara itu, Owner Café Seladang, Sadikin atau lebih dikenal dengan sapaan Gembel ini, menuturkan, jika setiap anak yang memiliki KIA, merupakan anak yang tergolong keren. “Berdasarkan pengalaman kami, banyak kemudahan pelayan yang didapatkan ketika anak kami memiliki KIA,” ujar Gembel.

Berdasarkan pengamalaman itu, lanjut Gembel, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi anak-anak yang berkunjung ke Cafe seladang. “Karena kami yakin kepemilikan KIA ini menjadikan anak-anak lebih keren, sekaligus hal tersebut menjadi edukasi bagi generasi penerus untuk mewarisi kepedulian dan ketertiban sebagai warga negara,” jelasnya.

Kadisdukcapil Bener Meriah, Sasmanto, SE mengatakan, Disdukcapil melakukan berbagai langkah dalam mendorong Kepemilikan KIA di Kabupaten Bener Meriah, salah satunya melakukan kerjasama dengan dunia usaha atau sektor swasta. Ia juga sudah merancang kerjasama dengan sektor lainnya agar kepemilikan KIA di Kabupaten Bener Meriah dapat mencapai 100 persen.

“Selain itu, KIA juga dibutuhkan untuk pendaftaran sekolah, bukti identitas diri saat membuka tabungan atau menabung di bank, bukti pendaftaran BPJS, dan lainnya. Intinya, KIA ini memiliki manfaat guna mengoptimalkan pendapatan, perlindungan, dan pelayanan publik warga negara,” lanjutnya

Sasmanto menambahkan, untuk target nasional, kepemilikan KIA yaitu 50 persen sedangkan untuk Bener Meriah saat ini sudah mencapai 54 persen. “Selain itu kita juga telah bekerja sama dengan sekolah-sekolah seperti PAUD/TK dan SD di Bener Meriah untuk pembuatan KIA ini,” tambahnya.

Kadisdukcapil Bener Meriah ini, mengimbau kepada para orang tua yang anaknya belum memiliki KIA, untuk segera melakukan pendaftaran di Disdukcapil karena proses pembuatannya mudah dan bisa selesai dalam hitungan menit. (Ar/Diskominfo)# Jek

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *