Peringatan HKN ke-59 di Bener Meriah Diisi dengan Penggalangan Dana untuk Palestina

  • Bagikan

Bener Meriah | Brasnews.net

Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang diselenggarakan halaman Setdakab Bener Meriah, Senin (13/11/2023) diisi dengan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina. Dana yang terkumpul disela acara HKN tersebut, sebesar Rp 6.454.000,-

Selain penggalangan dana di acara HKN, juga dilakukan penyerahan secara simbolis hasil pengumpulan dana dari pemuda Kampung Ronga-Ronga, Kecamatan Timang Gajah, serta dari masyarakat Kecamatan Wesam, dengan total lebih dari Rp 54 juta.

Adapun untuk upacara HKN ke-59 di Kabupaten Bener Meriah, dipimpin Pj Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si serta dihadiri unsur Forkopimda dan Forkopimda plus, Pj Sekda, staf ahli bupati, asisten bupati, kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, ketua organisasi wanita, camat dan para Kapus.

Pj Bupati Haili Yoga ketika membacakan amanat Menteri Kesehatan Ri, menyampaikan bahwa manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan. “Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, mengusung “transformasi kesehatan untuk Indonesia maju” mutlak kita laksanakan,” sebutnya.

Disebutkan, terdapat enam pilar transformasi kesehatan untuk ditegakkan sebagai perubahan kea rah yang lebih baik. “Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati, menjadi mencegah. Pilar kedua, transformasi layanan rujukan, dari akses layanan kesehatan yang susah, menjadi mudah,” sebutnya.

Pilar ketiga, kata Haili Yoga, transformasi sistem ketahanan kesehatan, dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri, menjadi mandiri di dalam negeri. Selanjutnya, pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien, menjadi transparan dan efektif.

“Pilar kelima, transformasi SDM kesehatan, dari tenaga kesehatan yang kurang, menjadi cukup dan merata. Terakhir, pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan, dari sistem informasi yang terfragmentasi, menjadi terintegrasi,” ucap Haili Yoga mengutip pidato Menkes RI.

Usai membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Pj Bupati Haili Yoga, menyampaikan aspresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan yang tak kenal lelah melayani masyarakat. “Terima kasih atas pengabdian dan dedikasi luar biasa. Tanpa kehadiran saudara, pencapaian kesehatan masyarakat kita tidak akan sejauh ini,” pungkasnya. (Rel/Diskominfo). # Jek

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *