Pj Bupati Haili Yoga Hadiri Rakor Kepala Daerah Se-Indonesia dengan Presiden RI

  • Bagikan

Brasnews.net | Bener Meriah

Pj. Bupati Drs Haili Yoga,M.Si bersama dengan seluruh kepala daerah se-Indonesia menghadiri undangan Presiden RI dalam rangka mengikuti rapat koordinasi (Rakor) di Gedung C Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri dan Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dalam rakor tingkat nasional itu, Mendagri, Muhammad Tito Karnavian menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk membahas terkait dalam rangka pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta mengoptimalkan implementasi program sterategis nasional.

Selanjutnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyampaikan antara pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi sampai ke pemerintah kabupaten/kota harus sinkron sesuai isu sterategis nasional, dan bagi daerah yang sudah tertinggal agar cepat menyelesaikan semua permasalahan di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Menteri Keungan RI, Sri Mulyani menyampaikan isu strategis nasional terkait APBN sebagai Instrumen kebijakan fiskal untuk mewujudkan tujuan negara, juga kebijakan fiskal diarahkan untuk mendukung percepatan transformasi ekonomi.

“Gunakan APBN/APBD untuk penanganan miskin ekstreem dan Stunting di daerah masing-masing. Terkait pengendalian inflasi untuk menjaga daya beli dan menekan angka kemiskinan, postur APBN 2024 sebagai instrumen stimulus ekonomi dan peningkatan kesejahteraan,” jelasnya.

Ditambahkan Sri Mulyani, penebalan Bantuan Sosial (Bansos) untuk mitigasi dampak elnino, guna menjaga daya beli masyarakat miskin dan rentan. “Percepatan penyaluran program KUR melalui weekend banking, untuk menopang pertumbuhan di tengah meningkatnya reisiko ketidakpastian, percepatan realisasi Belanja APBD 2023 perlu terus ditingkatkan,”imbuhnya.

Usai menghadiri rakor, Pj Bupati Drs. Haili Yoga,M.Si bersama seluruh kepala daerah menghadiri jamuan makan siang di Istana Negara, sekaligus guna mendengarkan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo. (Rel/Diskominfo).# Jek

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *