Tunjang Kurikulum Merdeka Kepala Sekolah Ikuti Pelatihan

  • Bagikan

Belitung Timur |Brasnews.net 

Bupati Belitung Timur Burhanudin membuka Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah di Aula Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Senin (13/11/23).

Pelatihan diikuti oleh 35 orang Kepala Sekolah SMP dan SD di Kabupaten Beltim.Pelatihan yang digelar oleh BKPSDM Kabupaten Beltim ini akan berlangsung berlangsung selama 5 hari. Pelatihan dimulai dari Senin, 13 November hingga Jum’at, 17 November 2023.

Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim Hendri Yani mengungkapkan tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Tenaga pengajar dan narasumber yang akan menyampaikan materi pelajaran selama pelatihan berasal dari Balai Besar Guru Penggerak Jawa Tengah. Kita mengundang dua nara sumber,” kata Kulok sapaan akrab Hendri yani.

Kulok mengatakan seluruh pembiayaan saat pelatihan ditanggung oleh anggaran BKPSDM. Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dengan baik akan diberikan sertifikat.

“Perlu kami sampaikan kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Kulok.

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin berpesan agar setiap kepala sekolah dapat melakukan observasi setiap akan melaksanakan tugas, terutama di sekolah yang baru. Hal ini penting untuk menunjang tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah.

“Kepala sekolah harus paham dengan karakteristik anak. Mereka juga harus memahami lingkungan sosial di mana mereka bertugas,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin.

Aan pun mengingatkan agar para kepala sekolah dapat mengedepankan komunikasi baik dengan guru-guru, tenaga tata usaha hingga komunitas orang tua.
“Jangan mereka mengedepankan arogansi dan emosi, karena lingkungan mereka berbeda-beda,” pesan Aan.

Dua bulan berlangsung, pelaksanaan lima hari sekolah di Kabupaten Belitung Timur berjalan dengan baik dan efektif. Bahkan Bupati Beltim Burhanudin mendukung mengingat menilai banyak manfaat yang didapat.
Hal ini diungkapkan Bupati saat membuka Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah di Aula Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
“Lima hari sekolah sangat efektif. Banyak manfaat yang didapat,” ungkap Aan sapaan akrab Burhanudin.

Menurut Aan manfaat yang didapat terutama bagi anak-anak untuk meluangkan waktu dengan keluarga. Adanya dua hari libur bisa lebih mendekatkan orang tua dengan anak.
“Dua hari, Sabtu-Minggu, mereka bisa beristirahat, meluangkaan waktu dengan keluarga, bersendau gurau dan saling mendekatkan diri dengan orang tua,” kata Aan. (Chev88/@2!)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *